BAB
I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Undang – Undang No. 23
tahun 2014 tentang Kesehatan dan
Permenkes No. 75 tahun 2014 tentang Puskesmas ditegaskan bahwa setiap orang mempunyai hak yang
sama dalam memperoleh akses atas sumber daya di bidang kesehatan dan memperoleh
pelayanan kesehatan yang aman, bermutu dan terjangkau. Pelaksana
pembangunan khususnya bidang kesehatan dituntut agar meningkatkan pelayanan
kesehatan pada masyarakat. Fasilitas
pelayanan kesehatan adalah suatu tempat yang digunakan untuk menyelenggarakan
upaya pelayanan kesehatan, baik promotif, preventif, kuratif maupun
rehabilitatif yang dilakukan oleh pemerintah, pemerintah daerah dan/atau
masyarakat.
Pusat kesehatan masyarakat
yang selanjutnya disebut Puskesmas adalah fasilitas pelayanan kesehatan yang
menyelenggarakan upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perseorangan
tingkat pertama, dengan lebih mengutamakan upaya promotif dan preventif, untuk
mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya di wilayah
kerjanya.
Sebagai indikator keberhasilannya tersebut digunakan indeks pembangunan manusia
( IPM )yang merupakan indeks komposit yang dipengaruhi oleh angka melek hurup (
AHM ), rata-rata lama sekolah ( RLS ), usia harapan hidup ( UHH ) dan daya beli
masyarakat.
Indikator kesehatan yang diwakili oleh UHH sangat dipengaruhi oleh angka
kematian Ibu ( AKI ) dan angka kematian bayi ( AKB ), dan ada empat faktor yang
mempengaruhi derajat kesehatan masyarakat yaitu faktor lingkungan 45%, faktor perilaku 30%, faktor pelayanan 20% dan faktor keturunan
5% ( H.L Bloom ).
|
UPTD Puskesmas Legonkulon
menyelenggarakan upaya pelayanan kesehatan masyarakat (UKM) essensial dan upaya
pelayanan kesehatan perorangan (UKP) pengembangan, untuk upaya kesehatan masyarakat essensial
terdiri dari : pelayanan promosi kesehatan; pelayanan kesehatan lingkungan; pelayanan
kesehatan ibu, anak, dan keluarga berencana; pelayanan gizi; dan pelayanan
pencegahan dan pengendalian penyakit sedangkan untuk upaya pelayanan kesehatan
perorangan pengembangan terdiri dari : rawat jalan; pelayanan gawat darurat; pelayanan
satu hari (one day care); home care; dan/atau rawat inap
berdasarkan pertimbangan kebutuhan pelayanan kesehatan.
Semua upaya kesehatan masyarakat dan upaya kesehatan perorangan akan sangat berpengaruh pada pencapaian IPM khususnya UHH sehingga diperlukan
keterpaduan dan kerjasama dari setiap pemegang program.
Kebijakan
Fungsi
Puskesmas berdasarkan Permenkes N0. 75 tahun 2014
- Pelayanan upaya kesehatan masyarakat tingkat pertama
- Pelayanan upaya kesehatan perorangan tingkat pertama
Standar Pelayan Minimum ( SPM ) sesuai Kepmenkes
No.1457/MENKES/SK/X/2003
Dalam pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatan yang bertujuan
untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, maka perlu dilakukakan evaluasi setiap tahunya guna mengetahui
seberapa besar sumber daya dan seberapa besar pencapaian target dalam satu
tahun terakhir, guna
merencanakan langkah-langkah di tahun berikutnya.
No
|
Indikator
SPM
|
Target
( 2015 )
( % )
|
Pen-
Capaian
|
Kesen-
Jangan
|
1
|
Pelayanan kesehatan ibu dan bayi
|
|
||
|
a. Persentase cakupan kunjungan ibu
hamil K4
|
100
|
93,46
|
3,46
|
|
b. Persentase cakupan pertolongan
persalinan oleh bidan atau tenaga kesehatan yang memiliki kompetensi
kebidanan
|
100
|
87,90
|
2,90
|
|
c. Persentase ibu hamil resiko tinggi
yang di rujuk
|
100
|
20
|
0
|
|
d. Persentase cakupan kunjungan neonatus
|
100
|
90,60
|
5,60
|
|
e. Persentase cakupan kunjungan bayi
|
100
|
91,24
|
6,24
|
|
f. Persentase cakupan bayi BBLR yang
ditangani
|
100
|
100
|
0
|
2
|
Pelayanan
kesehatan anak pra sekolah dan usia sekolah
|
|
||
|
a. Persentase cakupan deteksi dini
tumbuh kembang anak balita dan pra
sekolah
|
100
|
92,02
|
2,02
|
|
b. Persentase cakupan pemeriksaan
kesehatan siswa SD dan setingkat oleh tenaga kesehatan atau tenaga terlatih
(
guru UKS atau dokter kecil )
|
100
|
100
|
0
|
|
c. Persentase cakupan pelayanan
kesehatan remaja
|
100
|
100
|
0
|
3
|
Pelayanan keluarga berencana
|
|
||
|
a. Persentase cakupan peserta aktip KB
|
100
|
88,72
|
3,72
|
4
|
Pelayanan imunisasi
|
|
||
|
a. Persentase
desa/kelurahan UCI
|
100
|
100
|
0
|
5
|
Pelayanan pengobatan/perawatan
|
|
||
|
a.
Persentase cakupan rawat jalan
|
100
|
100
|
0
|
|
b.
Persentase cakupan rawat inap
|
100
|
33,01
|
3,01
|
6
|
Pelayanan
kesehatan jiwa
|
|
||
|
a. Persentase pelayanan gangguan jiwa
disarana pelayanan kesehatan umum
|
100
|
100
|
0
|
7
|
Pematauan
pertumbuhan balita
|
|
||
|
a. Persentase balita yang naik berat
badanya
(
N/D )
|
100
|
80,6
|
0,6
|
|
b. Persentase balita bawah garis merah
|
100
|
4
|
0
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Pelayanan
gizi
|
|
||
|
a. Pesentase cakupan balita mendapat
kapsu vitamin A 2 kali pertahun
|
100
|
100
|
0
|
|
b. Pesrsentase cakupan ibu hamil
mendapat 90 tablet Fe
|
100
|
100
|
0
|
|
c. Persentase cakupan pemberian makanan
pendamping ASI pada bayi BGM dari keluarga miskin
|
100
|
100
|
0
|
|
d. Persentase balita gizi buruk mendapat
perawatan
|
100
|
100
|
0
|
9
|
Pelayanan
obstertik dan neonatal emergency dasar dan komprehensif
|
|
||
|
a. Persentase akses terhadap
ketersediaan darah dan komponen yang aman untuk menangani rujukan ibu hamil
dan neonatus
|
100
|
100
|
0
|
|
b. Persentase ibu hamil resiko tinggi
/komplikasi tertangani
|
100
|
100
|
0
|
|
c. Persentase neonatus resiko
tinggi/komplikasi tertangani
|
100
|
100
|
0
|
10
|
Pelayanan
gawat darurat
|
|
||
|
a. Persentase sarana kesehatan dengan
kemampuan pelayanan gawat darurat yang dapat diakses masyarakat
|
100
|
100
|
0
|
11
|
Penyelenggaraan
penyelidikan epidemiologi dan penanggulanagan kejadian luar biasa
( KLB ) dan gizi buruk
|
|
||
|
a. Persentase desa/kelurahan mengalami
KLB yang ditangani <24 jam
|
100
|
100
|
0
|
|
b. Persentase kecamatan bebas rawat gizi
|
100
|
100
|
0
|
12
|
Pencegahan dan pemberantasan penyakit
polio
|
|
||
|
a. Acute
Flacid Paralisis ( AFP ) rate per 100.000 penduduk < 15 tahun
|
100
|
100
|
0
|
13
|
Pencegahan dan
pemberantasan penderita TBC BTA +
|
|
||
|
a. Persentase kesembuhan penderita TBC
BTA +
|
100
|
100
|
0
|
|
b.
Persentase cakupan penemuan penderita TBC BTA (+)
|
100
|
60
|
<20
|
14
|
Pencegahan dan
pemberantasan penyakit ISPA
|
|
||
|
a. Persentase cakupan balita dengan
pneumonia yang ditangani
|
100
|
100
|
0
|
15
|
Pencegahan dan
pemberantasan penyakit HIV-AIDS
|
|
||
|
a. Persentase klien yang mendapatkan
penanganan HIV-AIDS
|
100
|
100
|
0
|
|
b.
Persentase infeksi menular seksual yang diobati GO
|
100
|
100
|
0
|
|
c. Persentase infeksi menular seksual
yang di obati sifilis
|
100
|
100
|
0
|
16
|
Pencegahan dan
pemberantasan penyakit demam berdarah dengue (DBD )
|
|
||
|
a. Persentase penderita DBD yang
ditangani
|
100
|
100
|
0
|
17
|
Pencegahan dan pemberantasan penyakit
diare
|
|
||
|
a. Persentase balita dengan diare yang
ditangani
|
100
|
526
|
0
|
18
|
Pelayanan
kesehatan lingkungan
|
|
||
|
a. Persentase institusi yang dibina
|
100
|
100
|
0
|
19
|
Pelayanan
pengendalian Vektor
|
|
||
|
a. Persentase rumah/bangunan bebas
jentik nyamuk aedes
|
100
|
100
|
0
|
20
|
Pelayanan
Hygine sanitasi ditempat umum
|
|
||
|
a. Persentase tempat umum yang memenuhi
syarat
|
100
|
100
|
0
|
21
|
Penyuluhan
perilaku sehat
|
|
||
|
a.
Persentase rumah tangga sehat
|
100
|
90
|
<1.23
|
|
b. Persentase bayi yang mendapat ASI
eklusif
|
100
|
85,23
|
0.23
|
|
c. Persentase desa dengan garam
beryodium baik
|
100
|
100
|
0
|
|
d. Persentase posyandu purnama dan
mandiri
|
100
|
100
|
0
|
22
|
Penyuluhan P3
Napza berbasis masyarakat
|
|
||
|
a. Persentase upaya penyuluhan P3 Napza
oleh petugas kesehatan
|
100
|
100
|
0
|
23
|
Pelayanan
penyediaan obat dan perbekalan kesehatan
|
|
||
|
a.
Persentase ketersediaan obat sesuai kebutuhan
|
100
|
100
|
0
|
|
b. Persentase pengadaan obat esensial
|
100
|
100
|
0
|
|
c. Persentase pengadaan obat generik
|
100
|
100
|
0
|
24
|
Pelayanan
penggunaan obat generik
|
|
||
|
a. Persentase penulisan resep obat
generik
|
100
|
100
|
0
|
25
|
Penyelenggaraan
pembiayaan untuk pelayanan kesehatan perorangan
|
|
||
|
a. Persentase cakupan jaminan
pemeliharaan kesehatan pra bayar
|
100
|
100
|
0
|
26
|
Penyelenggaraan
pembiayaan untuk gakin dan masyarakat rentan
|
|
||
|
a. Persentase cakupan jaminan
pemeliharaan kes gakin dan masy rentan
|
100
|
100
|
0
|
27
|
Jenis Pelayanan
yang dilaksanakan sesuai kebutuhan
|
|
||
|
a.
Pelayanan kesehatan kerja
|
100
|
100
|
0
|
|
Persentase cakupan pelayanan kesehatan kerja pada pekerja pormal
|
100
|
100
|
0
|
|
b. Pelayanan kesehatan usia lanjut
|
|
|
|
|
Persentase cakupan pelayanan pra usia lanjut dan usia lanjut
|
100
|
100
|
0
|
|
c.
Pelayanan gizi
|
|
||
|
Persentase cakupan wanita usia
subur yang mendapatkan kapsul yodium
|
100
|
100
|
0
|
|
d. Pencegahan dan pemberantasan penyakit
HIV-AIDS
|
|
||
|
Persentase darah donor
diskrining terhadap HIV-AIDS
|
100
|
567
|
0
|
|
e. Pencegahan dan pemberantasan penyakit
malaria
|
|
||
|
Peresntase penyakit malaria di
obati
|
100
|
0
|
0
|
|
f. Pencegahan dan pemberantasan penyakit
kusta
|
|
||
|
Persentase kusta yang selesai
berobat ( RFT rate )
|
100
|
2
|
0
|
|
g. Pencegahan dan pemberantasan penyakit
filariasis
|
|
Visi Puskesmas Legonkulon “ Terwujudnya
Puskesmas Legonkulon APIK ( Akuntable, Profesional, Inovatip dan
Kooperatip ) menjadi Pusat pelayanan kesehatan Pantura sebagai daerah Wisata mendukung
Desa Mandiri Gotong Royong.
Misi Puskesmas Legonkulon; (1) Menggerakan
Pembangunan Desa Sehat (2) Mendorong kemandirian masyarakat dan keluarga untuk
hidup sehat (3) Memelihara dan meningkatkan kesehatan individu, keluarga, lingkungan dan masyarakat.
Pembentukan Desa Siaga Mandiri Gotong Royong (DMGR) menuju MDGs .
Dasar Hukum
v
UU No. 32 Tahun 2004 Tentang Pemerintahan daerah
v
UU No.36 Tahun 2009
Tentang Kesehatan
v
UU No. 32 Tahun 2014 Tentang Kesehatan
v
Kepmenkes No. 128/MENKES/SK/II/2004 Tentang
Fungsi Puskesmas
v
Kepmenkes No.128/MENKES/SK/II/2004 Tentang
Kebijakan Dasar Puskesmas
v
Kepmenkes No.564/Menkes/SK/VIII/2006 Tentang
Desa Siaga
v
Permenkes No. 75 tahun 2014 Tentang Puskesmas
v
Peraturan Bupati Subang No. 14G4 Tahun 2008
Tentang Tugas Pokok dan Fungsi Unit Pelaksana Teknis Dinas Pusat Kesehatan
Masyarakat.
Pedoman
v
Penilaian Kinerja Puskesmas
v
Perilaku Hidup Sehat
v
Perencanaan dan Penganggaran Kesehatan Terpadu (
P2KT )
B.
Strategi
- Manajemen Puskesmas;
- Pelayanan kefarmasian;
- Pelayanan keperawatan kesehatan masyarakat; dan
- Pelayanan laboratorium.
C.
Sasaran
Yang menjadi prioritas untuk saat ini adalah pencapaian
IPM 80 Kab Subang dimana peningkatan kualitas kesehatan masyarakat dengan
meningkatan kualitas pelayanan prima.
D.
Pokok-Pokok Kegiatan
Dalam melaksanakan pekerjaan diawali dengan pembuatan
perencanaan yang mana apa, dimana, kapan, siapa, darimana, termuat secara lengkap lalu
melangkah pada implementasi ( pelaksanaan ) apa indikator yang harus dicapai, berapa persen capaian target yang
ditentukan, apa yang menjadi kendala
dan apa yang dilaksanakan dalam mengatasi kendala tersebut lalu melangkah pada
tahap evaluasi dan monitoring dimana merupakan suatu pengawasan terhadap apa yang telah
dilaksakan baik berupa pertanggung jawaban administrasi ataupun berupa
pemaparan hasil kegiatan bisa berupa lisan ataupun tertulis. Melaksanakan pelaporan tepat pada
waktunya adapun untuk upaya pelayanan
masyarakat ( UKM ) yang telah dilaksanakan sebanyak 27 kegiatan dan upaya pelayanan
kesehatan perorangan pengembangan berupa pelayanan UGD 24 jam, rawat inap dan Poned.