Selasa, 15 September 2015

Tupoksi Poks



TUGAS POKOK :

Menghimpun dan menyusun semua laporan kegiatan Puskesmas


FUNGSI :
Membantu Kepala Puskesmas dalam melaksanakan ketata-usahaan di Puskesmas


URAIAN KEGIATAN POKOK

SDM
KEGIATAN POKOK
RATA – RATA WAKTU
Tenaga Administrasi Umum di Puskesmas
1.   Mengagendakan surat masuk dan keluar
5 Menit
2.   Mengetik surat
10 Menit
3.   Mengirim Surat
10 Menit
4.   Pencatatan inventaris barang
30 Menit
5.   Melakukan peremajaan data pegawai, barang & perlengkapan lain
120 Menit
6.   pencatatan sarana perlengkapan yang rusak untuk keperluan perbaikan / penghapusan
60 Menit
7.   melakukan kegiatan kearsipan
15 Menit
8.   melakukan pendataan wilayah dan kunjungan Puskesmas
60 Menit
9.   mengisi kartu JKN / Jamkesda/SKTM
5 Menit
10. mengurus rumah tangga puskesmas
30 Menit
11. melayani pembuatan keterangan sehat
5 Menit






Sumber : Ä Pedoman Kerja Puskesmas Jilid I                                                        Mengetahui
                    Depkes RI 1990 / 1991                                                  Kepala UPTD. Puskesmas Legonkulon

Ä Pedoman Penilaian Beban Kerja
Tahun 2005                                                                                                 
                                                                                                                           dr. H. Hasyari, MM
                                                                                                                   NIP. 19701226200604 1 004

TUGAS POKOK :

Melaksanakan kegiatan administrasi keuangan di Puskesmas


FUNGSI :
Membantu Kepala Puskesmas dalam melaksanakan ketata-usahaan di Puskesmas


URAIAN KEGIATAN POKOK

SDM
KEGIATAN POKOK
RATA – RATA WAKTU
Tenaga Bendahara di Puskesmas
1.   Mencatat arus penerimaan dan pengeluaran keuangan
60 Menit
2.   Mendokumentasikan rincian penerimaan dan pengeluaran
60 Menit
3.   Mendistribusikan pengeluaran keuangan dalam buku kas bantu
60 Menit
4.   Menerima dan mencatat hasil penerimaan retribusi dari unit-unit pelayanan Puskesmas
60 Menit
5.   Menyetorkan hasil penerimaan retribusi puskesmas kepada bendahara Kabupaten
180 Menit
6.   Merekap dan mendokumentasikan laporan bulanan penerimaan dan pengeluaran retribusi puskesmas
60 Menit
7.   Membuat dan mendokumentasikan perencanaan anggaran & realisasi penggunaan dana operasional Puskesmas
180 Menit
8.   Membuat SPJ atas realisasi penggunaan dana operasional Pkm.
15 Menit
9.   Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap penggunaan uang puskesmas mingguan
30 Menit
10. Membuat laporan waskat terhadap arus keuangan puskesmas tiap triwulan
120 Menit


Sumber : Ä Pedoman Kerja Puskesmas Jilid I                                                        Mengetahui
                    Depkes RI 1990 / 1991                                                  Kepala UPTD. Puskesmas Legonkulon

Ä Pedoman Penilaian Beban Kerja
Tahun 2005                                                                                                 
                                                                                                                           dr. H. Hasyari, MM
                                                                                                                   NIP. 19701226200604 1 004
TUGAS POKOK :

Menghimpun dan menyusun semua laporan kegiatan Puskesmas


FUNGSI :
Membantu Kepala Puskesmas dalam melaksanakan ketata-usahaan di Puskesmas

URAIAN KEGIATAN POKOK


SDM
KEGIATAN POKOK
RATA – RATA WAKTU
Petugas Pengelola SP3 di Puskesmas
1.     Melakukan koordinasi pengumpulan data laporan hasil kegiatan bulanan puskesmas
60 Menit
2.     Merekap dan mendokumentasikan laporan hasil kegiatan bulanan PKM
60 Menit
3.     melakukan validasi data hasil laporan bulanan kegiatan program
60 Menit
4.     Melakukan visualisasi data hasil laporan bulanan kegiatan program
60 Menit
5.     Melakukan pengumpulan dan analisa data stratifikasi puseksmas
180 Menit
6.     Mendokumentasikan semua rencana dan hasil kegiatan puskesmas secara sistematis
60 Menit
7.     Mencatat dan mengagendakan surat masuk / keluar secara sistematis
180 Menit
8.     Membuat konsep dan mengetik surat keluar sesuai kebutuhan 
15 Menit
9.     Melakukan koordinasi dengan program terkait demi kelancaran laporan
30 Menit

Sumber : Ä Pedoman Kerja Puskesmas Jilid I                                                        Mengetahui
                    Depkes RI 1990 / 1991                                                  Kepala UPTD. Puskesmas Legonkulon

Ä Pedoman Penilaian Beban Kerja
Tahun 2005                                                                                                 
                                                                                                                           dr. H. Hasyari, MM
                                                                                                                   NIP. 19701226200604 1 004

TUGAS POKOK :

Melaksanakan pelayanan kesehatan gigi di Puskesmas


FUNGSI :
Membantu dokter gigi dalam melaksanakan kegiatan di Puskesmas

 

URAIAN KEGIATAN POKOK


SDM
KEGIATAN POKOK
RATA – RATA WAKTU
Tenaga Perawat Gigi Di Puskesmas
1.  Membantu dokter gigi dalam melakukan praktek:
·        Mempersiapkan kartu status pasien
·        mempersiapkan pasien
·        Menyediakan alat-alat/instrument
·        Menyediakan bahan/materi untuk penambalan
·        Membersihkan alat-alat/instrumen

30 Menit
2.  Melakukan sterilisasi/desinfeksi alat
60 Menit
3.  Penyuluhan Kesgimul dan memperagakan alat bantu
60 Menit
4.  Melakukan pemeriksaan gigi anak sekolah (UKGS)
60 Menit
5.  Melakukan rujukan ke puskesmas/Rumah sakit
180 Menit
6.  Membimbing sikat gigi massal dan kumur-kumur dengan flour
60 Menit
7.  Melakukan pembersihan karang gigi & pemolesan flour pada gigi
180 Menit
8.  Mengatur & pemeliharaan alat & higiene ruang praktek
15 Menit
9.  Mencatat register kunjungan pasien
30 Menit



Sumber : Ä Pedoman Kerja Puskesmas Jilid I                                                        Mengetahui
                    Depkes RI 1990 / 1991                                                  Kepala UPTD. Puskesmas Legonkulon

Ä Pedoman Penilaian Beban Kerja
Tahun 2005                                                                                                 
                                                                                                                           dr. H. Hasyari, MM
                                                                                                                   NIP. 19701226200604 1 004

TUGAS POKOK :

Melaksanakan pelayanan pengobatan rawat jalan dan rawat inap di Puskesmas


FUNGSI :
Membantu Kepala Puskesmas dalam melaksanakan kegiatan di Puskesmas

URAIAN KEGIATAN POKOK

SDM
KEGIATAN POKOK
RATA – RATA WAKTU
Tenaga Perawat di UGD
1.    Melakukan anamnese dan mencatat kartu pasien
5 Menit
2.    Mempersiapkan sterilisasi alat dan semua kebutuhan pelayanan UGD
30 Menit
3.    Melakukan tindakan penyelamatan jiwa pasien UGD sebelum ada dokter sesuai protap
30 Menit
4.    Mendampingi pasien yang dirujuk ke RS
120 Menit
5.    Mempersiapkan tempat tidur, dll untuk paien perawatan
15 Menit
6.    Melakukan asuhan keperawatan pada pasien rawat inap
30 Menit
7.    Mengawasi pemeliharaan kebersihan ruang perawatan
10 Menit
8.    Melakukan perawatan pada pasien sesuai dengan kebutuahan ( mengukur suhu, Tensi dll )
15 Menit
9.    Memberikan suntikan kepada pasien sesuai dengan perintah dokter
2 Menit
10.Membantu visite dokter
5 Menit
11.Melaksanakan tugas jaga
720 Menit

Sumber : Ä Pedoman Kerja Puskesmas Jilid I                                                        Mengetahui
                    Depkes RI 1990 / 1991                                                  Kepala UPTD. Puskesmas Legonkulon

Ä Pedoman Penilaian Beban Kerja
Tahun 2005                                                                                                 
                                                                                                                           dr. H. Hasyari, MM
                                                                                                                   NIP. 19701226200604 1 004
TUGAS POKOK :

Melaksanakan pelayanan pengobatan rawat jalan di Pustu


FUNGSI :
Membantu Kepala Puskesmas dalam melaksanakan kegiatan di Puskesmas


URAIAN KEGIATAN POKOK


SDM
KEGIATAN POKOK
RATA – RATA WAKTU
Tenaga Perawat di PUSTU
1.   Melakukan anamnese dan mencatat kartu pasien
3 Menit
2.   Mempersiapkan sterilisasi alat dan semua kebutuhan pelayanan
30 Menit
3.   Memeriksan dan pengobatan pasien umum
15 Menit
4.   Melakukan perawatan sesuai dengan kebutuhan
30 Menit
5.   Melaksanakan penyuluhan
60 Menit
6.   Mencatat register kunjungan pasien
3 Menit
7.   Memberikan suntikan kepada pasien
2 Menit
8.   Mencatat pengeluaran resep
2 Menit
9.   Melaksanakan PHN
120 Menit
10. Melaksanakan Posyandu
180 Menit
11. Melaksanakan rujukan ke Puskesmas
60 Menit
12. Melaksanakan UKS
120 Menit
13. Membimbing masyarakat dan melakukan pengelolaan JKN
120 Menit


Sumber : Ä Pedoman Kerja Puskesmas Jilid I                                                        Mengetahui
                    Depkes RI 1990 / 1991                                                  Kepala UPTD. Puskesmas Legonkulon

Ä Pedoman Penilaian Beban Kerja
Tahun 2005                                                                                                 
                                                                                                                           dr. H. Hasyari, MM
                                                                                                                   NIP. 19701226200604 1 004
TUGAS POKOK :

Melaksanakan pelayanan pengobatan rawat jalan di Pustu


FUNGSI :
Membantu Kepala Puskesmas dalam melaksanakan kegiatan di Puskesmas


URAIAN KEGIATAN POKOK


SDM
KEGIATAN POKOK
RATA – RATA WAKTU
Tenaga Bidan di PUSTU
1.   Melakukan anamnese dan mencatat kartu pasien
3 Menit
2.   Mempersiapkan sterilisasi alat dan semua kebutuhan pelayanan
30 Menit
3.   Memeriksan dan pengobatan pasien kebidanan
15 Menit
4.   Melakukan pelayanan  sesuai dengan kebutuhan
30 Menit
5.   Melaksanakan penyuluhan
60 Menit
6.   Mencatat register kunjungan pasien
3 Menit
7.   Memberikan suntikan kepada pasien
2 Menit
8.   Mencatat pengeluaran resep
2 Menit
9.   Melaksanakan KIE
120 Menit
10. Melaksanakan Posyandu
180 Menit
11. Melaksanakan rujukan ke Puskesmas
60 Menit
12. Melaksanakan UKS
120 Menit
13. Membimbing masyarakat dan melakukan pengelolaan JKN
120 Menit


Sumber : Ä Pedoman Kerja Puskesmas Jilid I                                                        Mengetahui
                    Depkes RI 1990 / 1991                                                  Kepala UPTD. Puskesmas Legonkulon

Ä Pedoman Penilaian Beban Kerja
Tahun 2005                                                                                                 
                                                                                                                           dr. H. Hasyari, MM
                                                                                                                   NIP. 19701226200604 1 004
TUGAS POKOK :

Melaksanakan pelayanan kegiatan pendaftaran dan administrasi diloket bayar Puskesmas.


FUNGSI :
Membantu Kepala Puskesmas dalam melaksanakan ketata-usahaan di Puskesmas

URAIAN KEGIATAN POKOK

SDM
KEGIATAN POKOK
RATA – RATA WAKTU
Tenaga Petugas Loket di Puskesmas
1.      Mempersiapkan peralatan di loket
5 Menit
2.      Pelayanan pendaftaran / mengisi kartu status pasien
10 Menit
3.      Menerima pembayaran retribusi/karcis
10 Menit
4.      Menyusun kartu berobat ke dalam kotak / rak
30 Menit
5.      Merekap kunjungan pasien
120 Menit
6.      Menyetor hasil penerimaan pembayaran retribusi
60 Menit
7.      Membuat laporan kunjungan pasien
15 Menit
8.      Memberikan penyuluhan / penjelasan
60 Menit



Sumber : Ä Pedoman Kerja Puskesmas Jilid I                                                        Mengetahui
                    Depkes RI 1990 / 1991                                                  Kepala UPTD. Puskesmas Legonkulon

Ä Pedoman Penilaian Beban Kerja
Tahun 2005                                                                                                 
                                                                                                                           dr. H. Hasyari, MM
                                                                                                                   NIP. 19701226200604 1 004
TUGAS POKOK :

Melaksanakan pelayanan pengobatan rawat jalan di Puskesmas


FUNGSI :
Membantu Kepala Puskesmas dalam melaksanakan kegiatan di Puskesmas

 


URAIAN KEGIATAN POKOK


SDM
KEGIATAN POKOK
RATA – RATA WAKTU
Tenaga Pekarya Kesehatan Puskesmas
1.   Membantu Perawat dalam pelayanan  kesehatan
120 Menit
2.   Mencatat register kunjungan pasien
60 Menit
3.   Pengadaan kebutuhan logistik di perawatan
360 Menit
4.   Pencatatan dan pelaporan
15 Menit




Sumber : Ä Pedoman Kerja Puskesmas Jilid I                                                        Mengetahui
                    Depkes RI 1990 / 1991                                                  Kepala UPTD. Puskesmas Legonkulon

Ä Pedoman Penilaian Beban Kerja
Tahun 2005                                                                                                 
                                                                                                                           dr. H. Hasyari, MM
                                                                                                                   NIP. 19701226200604 1 004


UPTD. PUSKESMAS LEGONKULON
PELAYANAN KUNJUNGAN PASIEN / PELANGGAN

PROSEDUR TETAP PELAYANAN PETUGAS LOKET



 



WAKTU

KEGIATAN

06.30
Buka Pintu dan Jendela
07.30 – 07.35
1.  Datang di Puskesmas
2.  Cek kebersihan semua ruang.
07.35 – 07.45
Cek kehadiran dan kesiapan
07.45 – 07.55
1. Siapkan blangko kartu pasien, jika habis hubungi bagian pembekalan
2. Siapkan Buku Register Harian
07.55 – 08.00
1. Minta izin kepala poli klinik untuk mulai melayani pasien
2. Loket dibuka, mulai melayani pasien

KEGIATAN PELAYANAN

PROSEDUR PELAYANAN

Mendaftar Pasien

1.   Mempersilahkan calon pasien untuk mendekat ke loket
2.   Menyampaikan salam “ Selamat Datang “
3.   Menanyakan keluhan pasien
Jika mengalami kegawatan medis, langsung dipersilahkan ke Unit Gawat Darurat.
4.   Menanyakan identitas pasien, dan mencatatnya ke dalam Buku Register Harian
5.   Mengisi Kartu Pasien
6.   Menyerahkan kartu pasien kepada pasien
7.   Mempersilahkan pasien menunggu panggilan untuk diperiksa dokter
WAKTU

KEGIATAN

12.00 – 13.30

 

1.    Menutup buku register harian

2.    Menghitung jumlah kunjungan hari itu
3.    Menyampaikan jumlah kunjungan kepada tenaga keuangan
4.    Mengatur kembali buku status pelanggan

13.45
Membersihkan semua ruangan
14.00

Pulang



Dikutip dari : Buku Operasionalisasi Pelayanan Prima                                           Mengetahui
                       Lembaga Administrasi Negara RI 2001                      Kepala UPTD. Puskesmas Legonkulon


                                                                                                                           dr. H. Hasyari, MM
                                                                                                                   NIP. 19701226200604 1 004

UPTD. PUSKESMAS LEGONKULON
PELAYANAN KUNJUNGAN PASIEN / PELANGGAN

BAKU MUTU LAYANAN BAGI PELANGGAN


KEGIATAN PELANGGAN

BENTUK LAYANAN

BAKU MUTU

Layanan Utama

Diagnosis Medis

Cepat, Akurat

Therapi Medis

Sesuai formularium therapy

Penyuluhan tentang pola hidup sehat

Mudah dipahami dan mudah dilaksanakan
Layanan Pendukung

Petunjuk Arah Lokasi

Mudah diikuti

Denah Alur Pelayanan

Mudah ditemukan, mudah dibaca dan mudah dipahami

Ruang Tunggu

Rapih, Bersih, Aman dan Nyaman

Saund System

Cukup jelas dan Jernih

Hasil Pemeriksaan Laboratorium

Cepat dan Akurat

Obat – obatan

Tepat jenis, tepat jumlah, tidak rusak / kadaluarsa dan petunjuk penggunaannya jelas

Kuitansi Pembayaran

Asli, Printed out dan tepat jumlah

Surat pengantar rujukan

5 menit selesai, data lengkap
Layanan Tambahan

Ambulans

Siap 24 Jam

PBA

Deteksi Dini

Dikutip dari : Buku Operasionalisasi Pelayanan Prima                                           Mengetahui
                       Lembaga Administrasi Negara RI 2001                      Kepala UPTD. Puskesmas Legonkulon


                                                                                                                           dr. H. Hasyari, MM
                                                                                                                   NIP. 19701226200604 1 004

UPTD. PUSKESMAS LEGONKULON
PELAYANAN KUNJUNGAN PASIEN / PELANGGAN

PERILAKU PELAYANAN TERHADAP PELANGGAN



 



JENIS LAYANAN

PETUGAS PELAYANAN

PERILAKU PELAYANAN
Layanan Utama

1.   Dokter Umum

2.   Sanitarian
3.   Perawat Umum
4.   Perawat Gigi
5.   Bidan
6.   Nutrisionis
Ramah, Profesional, meyakinkan dan optimis
Layanan Pendukung

Petugas loket

Ramah dan 5 “ S “

Petugas Laboratorium

Sigap, Rapih, Cermat dan Informatif

Petugas Apotek

Petugas Keuangan

Petugas Rujukan

Layanan Tambahan

Regu Ambulans

Ramah, Sigap, Cermat dan Informatif

Regu PBA







Dikutip dari : Buku Operasionalisasi Pelayanan Prima                                           Mengetahui
                       Lembaga Administrasi Negara RI 2001                      Kepala UPTD. Puskesmas Legonkulon


                                                                                                                           dr. H. Hasyari, MM
                                                                                                                   NIP. 19701226200604 1 004

UPTD. PUSKESMAS LEGONKULON
PELAYANAN KUNJUNGAN PASIEN / PELANGGAN

BAKU MUTU SARANA / PRASARANA PELAYANAN




JENIS PELAYANAN

SARANA DAN PRASARANA

BAKU MUTU

Layanan Utama

Ruang Periksa

Cukup luas, Nyaman, tertutup

Peralatan Diagnostik dan therapi medis

Sesuai standar Prosedur pelayanan medis

Display pola hidup sehat

Lengkap, informatif
Layanan Pendukung

Brosur

Menarik, lengkap dan informatif

Loket Pendaftaran

Terbuka, memudahkan iteraksi langsung dengan petugas

Ruang Klinter

Bersih dan nyaman

Ruang Klinik Sinar

Tertutup dan bersih

Ruang Obat

Memenuhi syarat cara penyimpanan obat yang baik

Loket Pembayaran

Terbuka, memudahkan transaksi langsung dengan petugas
Layanan Tambahan

Moobil Ambulans

Siap pakai, regu dan peralatan lengkap.




Dikutip dari : Buku Operasionalisasi Pelayanan Prima                                           Mengetahui
                       Lembaga Administrasi Negara RI 2001                      Kepala UPTD. Puskesmas Legonkulon


                                                                                                                           dr. H. Hasyari, MM
                                                                                                                   NIP. 19701226200604 1 004

UPTD. PUSKESMAS LEGONKULON
PELAYANAN KUNJUNGAN PASIEN / PELANGGAN

PROSEDUR TETAP MENANGGAPI KELUHAN PELANGGAN

 



1.        MENERIMA PELANGGAN DENGAN SENYUM DAN UCAPAN MEMPERSILAHKAN.

2.        MENYIAPKAN BLANKO KELUHAN

3.        MENCATAT HARI, TANGGAL DAN JAM SAAT ITU

4.        MENCATAT NAMA, ALAMAT DAN NOMOR TELEPHON PELANGGAN

5.        MENCATAT SECARA RINCI KELUHAN YANG DIRASAKAN PELANGGAN DENGAN SIKAP YANG EMPATI

6.        SEGERA MEMBERIKAN TANGGAPAN SECARA LANGSUNG JIKA MEMUNGKINKAN

7.          JIKA TIDAK MUNGKIN MEMBERIKAN TANGGAPAN SECARA LANGSUNG HARUS SEGERA MENYAMPAIKAN KEPADA PELANGGAN BAHWA DIPERLUKAN WAKTU

Dikutip dari : Buku Operasionalisasi Pelayanan Prima                                           Mengetahui
                       Lembaga Administrasi Negara RI 2001                      Kepala UPTD. Puskesmas Legonkulon


                                                                                                                           dr. H. Hasyari, MM
                                                                                                                   NIP. 19701226200604 1 004

UPTD. PUSKESMAS LEGONKULON

PROSEDUR TETAP MENGHADAPI SERANGAN VIRUS KOMPUTER

 





1.   SEGERA MATIKAN KOMPUTER SUPAYA SERANGAN VIRUS TIDAK MELUAS.

2.   MENCATAT HARI, TANGGAL DAN JAM TERJADINYA SERANGAN VIRUS

3.   MENCATAT GEJALA – GEJALA SERANGAN VIRUS

4.   MENCATAT LANGKAH- LANGKAH PENGGUNAAN KOMPUTER SAAT SEBELUM MUNCUL GEJALA SERANGAN VIRUS

  1. SEGERA MELAPORKAN KEPADA BAGIAN TEKNISI




Dikutip dari : Buku Operasionalisasi Pelayanan Prima                                           Mengetahui
                       Lembaga Administrasi Negara RI 2001                      Kepala UPTD. Puskesmas Legonkulon


                                                                                                                           dr. H. Hasyari, MM
                                                                                                                   NIP. 19701226200604 1 004

Musikblog

INSICO ICO